Saturday, April 5, 2014

Sekedar berbagi tentang pengalaman mengikuti Test ELPT ITB,  alasan saya mengikuti test ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat melanjutkan kuliah pascasarjana ITB skor minimal ELPT ITB 2014 adalah 77


Untuk mengikuti test ini informasi pendaftaranya dapat disimak disitus http://www.lc.itb.ac.id/id/elpt, test ini rutin digelar setiap hari jum'at.

Pendaftaran Test ELPT Dilakukan di UPT Pusat Bahasa ITB, buat orang luar kota pendaftaran dapat diwakilkan

Adapun tahapanya sebagai berikut,
1. Mengunjungi UPT Pusat Bahasa ITB, Tanya Jadwal Test TPA
Biasanya kalau untuk masa-masa pendaftaran pascasarjana selalu penuh, saya sarankan untuk daftar jauh-jauh hari, saya juga daftar awal maret dapat jadwal bulan april.
2. Isi Formulir
3. Uang pendaftaran Rp. 75.000
4. Photo 4x3 2 Buah

Pada saat daftar itu juga langsung dikasih kartu peserta, beserta tertera jadwal test,
List soal ELPT ITB masing-masing terdiri dari 50 soal baik itu Listening, Grammar, Reading, Jadi total soal keseluruhan 150 Soal
Gambaran soal
- Listening : 
Listening tidak ada percakapan 2 orang seperti yang di buku-buku latihan, rata-rata soal semuanya berbentuk cerita, 1 soal percakapan untuk 3 sampai dengan 6 pertanyaan diajukan dari cerita yang telah diberikan. 

- Grammar 
Bermain di tenses, gerund, to infinitive, dan grammar lainya. 

- Reading 
Memang jawabannya pasti ada pada bacaan. namun bacaan tersebut harus bisa kita pahami, karena jawaban-jawabn yang tersedia meminta berupa main title, pengertian kata, dan kesimpulan paragraf.

Pengalaman saya mengikuti test ini, paling seru di Listening, Jujur untuk Englishnya balelol seperti saya ini kurang nangkep alur cerita nya, gaya ngobrol di percakapan Listening intonasi lumayan cepat, jadi saya bisa menangkap sedikit-sedikit cerita nya, sedikit trick berhubung ini percakapan cerita dimana 1 soal bisa untuk 3 sampai dengan pertanyaan, otomatis jawaban pun pasti berhubungan, jadi pastikan dapat intinya terlebih dahulu lalu kemudian pada soal berikutnya akan terlihat pencerahan jawabanya.

Untuk Grammar saya tidak ada kesulitan, karena dengan sering berlatih dan tahu pola-pola rumus grammarnya, pasti bisa dan jawabnya udah pasti.

Untuk Reading harap disimak baik-baik bacaanya, karena point-point jawaban terkadang mirip-mirip sehingga perlu pemahaman lebih.

Untuk hasilnya sekitar 3 hari_an, kurang lebih jika test nya hari jum'at maka hasilnya sudah ada hari senin siang sudah dapat di check di website http://www.lc.itb.ac.id/id/elpt-result, kemudian untuk sertifikatnya dapat diambil sekitar 1 minggu_an.

Sebenarnya untuk test ini saya tidak mendapat nilai yang baik, cuma dapat 82, walaupun begitu tetap memenuhi standart, untuk orang tidak terlalu bisa bahasa inggris dan pengalaman pertama test toefl seperti saya ini hasil tersebut harus tetap sangat di syukuri ^^, Dan saya berjanji akan terus memperbaikinya jika masuk kuliah lagi nanti.

Tips and Trick
- Banyak Latihan Listening, Grammar, Reading bisa di coba nii di situs http://englishteststore.net/
- Perbanyak Do'a dan Sedekah

Semoga Bermanfaat,
Regards,

Iqbal


0 comments:

Post a Comment