Saturday, April 5, 2014

Sekedar berbagi tentang pengalaman mengikuti Test LGD dan Interview MDP di Bank Syariah Mandiri, Bulan Maret lalu saya dikirimkan link dari kakak saya untuk lowker Bank Syariah Mandiri, kakak saya menyarankan untuk mencoba bagian Management Development Program (MDP), itu adalah program yang disiapkan oleh perusahaan untuk merekrut dan mempersiapkan pegawai-pegawai rekrutan tersebut untuk dijadikan calon-calon yang mengisi posisi managerial di perusahaan tersebut non outsourcing. saya pikir kenapa tidak untuk mencobanya posisinya lumayan bagus.

Awalnya saya mendaftarkan diri secara online di website resmi Bank Mandiri Syariahnya, setelah itu mendapatkan jadwal untuk Test assesment (Psikotest, Bahasa Inggris, Kepribadian), Test assesment ini dilakukan secara online, saya pun mendapatkan jadwal di hari tertentu aturan mainya lumayan bagus, berhubung ini test berbasis komputer internet jadi saya pun melakukanya di warnet karena perlu kecepatan stabil.

Cukup melelahkan 3 Jam saya menggeluti test ini dalam terdapat 5 Sub Test,  dimulai dengan bahasa inggris, psikotest, dan beberpaa test kepribadian.

Singkat cerita 10 hari berselang, ternyata saya mendapat sms dan email untuk panggilan Test Leadership Group Discussion dan Interview Di Jakarta.

Sabtu, 12 April 2014 saya pun berangkat ke Jakarta seperti biasa ditemani Google Maps Android, Never Nyasab ^^

Bertempat Di Jl. Thamrin No. 5 'Wisma Mandiri' Jakarta Pusat, cukup dengan menggunakan Bus Way Turun di Halte Bank Indonesia, tidak jauh malahan sangat dekat sekali dengan halte ini.


Jam 08.00 para peserta mulai memasuki aula Lt.11 gedung wisma mandiri, beragam raut wajah para peserta dari berbagai daerah saya perhatikan, dan sesekali berkenalan, pada waktu ini pula para peserta mengisi form kehadiran.

Jam 09.00, Pembukaan Di mulai dengan perkenalan para pengawas dari bank syariah mandiri, Dan ini di luar dugaan, Ternyata test pertama nya yaitu psikotest lagi, padahal di undangannya sama sekali tidak tertera akan diadakan psikotest, tapi walaupun begitu tetap saja harus dijalani. Psikotestn ini terdiri dari beberapa test mulai dari test kepribadian, gambar pohon, gambar manusia, wartegg test, dan menghitung cepat dari bawah keatas yang bikin pegal tangan ^^, pegal tapi seru. test psikotest ini berakhir sampai jam 11.40, setelah itu para peserta IShoMa.

Ketika istirahat saya pun berkenalan dengan beberapa orang, ternyata ia orang bandung pula, akhirnya sama-sama ngobrol, sholat, dan makan siang bareng.

Selesai istirahat para peserta kembali ke Lt. 11 untuk test selanjutnya yaitu Test LGD (Leadership Group Discussion). test ini dibagi menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 13 orang ditemani satu pengawas untu menilai. Disini para peserta akan dibagikan kertas artikel tentang suatu masalah, artikel tersebut memuat data-data perbankan, Intinya bagaimana solusi untuk memecahkan masalah tersebut, permasalahan berkisar seperti pemasaran, strategi, market share, Dsb, pada waktu ini para peserta saling mengemukakan pendapatnya masing-masing. 

Kejadian lucu untuk saya berhubung saya dari jurusan TI waktu  test ini saya melihat artikel semacam ini agak sedikit ora mudeng ^^, saya kurang pengetahuan tentang perbankan, tapi itu tidak membuat saya lantas diam, jadi saya mengemukakan pendapat seadanya tapi masuk akal.

*Tips and Trick untuk LGD
- Penilaian Dari Keaktifan Berbicara, Pemecahan Solusi Masalah, Ide-ide brilian nan masuk akal, karena saya lihat tiap solusi bagus para peserta itu suka dicatat sama pengawasnya.
- Jangan sampai diam, waktu terbatas, jangan sampai anda tidak mengemukakan pendapat, saya hitung-hitung waktunya kurang lebih 40 menit_an untuk test ini.
- Jangan terlalu aktif karena bisa jadi dianggap (otoriter), Jangan terlalu pula banyak diam.
- Gaya penyampaian kata-kata sebagus mungkin dapat dimengerti para pendengar peserta lainya.

Jam 14.40 Beres Test LGD, lanjut pula ke Test Interview
Para peserta ditempatkan di luar, semua peserta menunggu untuk dipanggil Interview satu orang per group secara berurutan, singkat cerita giliran saya tiba dipanggil, di test Interview ini ditanya tentang pertama mengenalkan pribadi terlebih dahulu, kemudian pengalaman-pengalaman seperti pengalamn kerja, Dsb, ditanya pula tentang background pendidikan, kepribadian, dan mungkin masing-masing orang berbeda pertanyaanya karena para peserta berbeda-beda dari berbagai jurusan ada yang freshgraduate, pengalaman kerja, Dsb. Di sesi test ini pula saya disuruh untuk Mengaji, *unik memang ada test mengaji seumur-umur test baru kali ini ada test mengaji :), untuk Bank syariah memang tiap peserta di haruskan bisa mengaji ^^. 

Alhamdulillah Jam 16.00 
Selesai sudah test ini, ini pengalaman baru buat saya, sekaligus pengalaman pertama test marathon, mana 3 test dilakukan dalam satu waktu.

Untuk pengumumanya, menurut pengawas kurang lebih bisa ditunggu 10 hari an, mungkin itulah pengalaman saya selama test MDP di Bank Mandiri Syariah ini ^^.

Semoga Bermanfaat,

Regards, 
Iqbal

0 comments:

Post a Comment