Thursday, January 2, 2014

Sewaktu kuliah dulu saya,
Orientasi saya dalam pengerjaan tugas adalah "hasil"

Saya pikir apapun tugasnya,
harus berhasil apapun caranya, dan harus beres apapun hasilnya.


Jujur,
Saya kurang menyukai sebuah kegagalan.

Terkadang untuk mencapai keberhasilan tersebut,
saya melewatkan beberapa fase yang seharusnya di lalui terlebih dahulu.

Tapi karena pola pikir saya orientasi nya proses,
Saya fokus supaya beres dan yang penting beres.

Alhasil kekurangan dari pola tersebut adalah,
Ketidakmampuan mengerjakan tugas secara benar-benar.

Bahkan bahaya nya,
ketika mungkin suatu saat stuck di fase yang dulu sering di lewati,
akhirnya membuat benar-benar tidak mampu sama sekali untuk mengerjakan.

Orientasi "Proses" ternyata lebih penting
Walaupun rentan dengan kegagalan pula, tai tetap ada unsur proses
yang menyebabkan bisa belajar dari kegagalan.

Sekali lagi proses itu sangat penting,
Melewati fase tiap fase membuat kita tahu secara keseluruhan,
Walaupun mungkin jika kita gagal dalam suatu fase, tapi kita bisa belajar dari kegagalan tersebut dan melanjutkan fase tersebut.

Tentu Cara itu tentu lebih baik dan tu'maninah.

Bandung,  01 Januari 2014

Iqbal Ardimansyah

0 comments:

Post a Comment